FBIM 2022 Pulihkan Ekonomi Mayarakat

KBRN, Palangka Raya: Kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2022 ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Provinsi Kalteng ke-65, akan digelar hingga 22 Mei 2022. Kondisi saat ini menggairahkan geliat ekonomi masyarakat khususnya bagi pelaku UMKM Kota Cantik Palangka Raya.

Menurut pandangan akademisi Ekonomi UPR Palangka Raya, Miar P Bakar, Rabu (18/05/22) usai melandainya kasus Covid-19 di Kota Palangka Raya dan Kalimantan Tengah maka perekonomian masyarakat mulai berjalan apalagi saat ini ada momen akbar setiap tahun hari jadi Kalteng dan selama covid-19 baru tahun ini dapat diselenggarakan tentunya hal ini membuat antusias masyarakat tidak terkecuali pedagang untuk berusaha di sela-sela kegiatan FBIM berlangsung,”Hal ini cukup berdampak positif diperlukan pula upaya pemerintah daerah untuk dapat bersama memulihkan perkonomian,” jelas Miar.

Sementara itu salah satu pedagang makanan dan minuman, Amat, mengatakan momen tahunan memang paling dinantikan masyarakat, di masa pandemi ini sebenarnya tidak terlalu antusias karena diperkirakan hal biasa. Namun ia terkejut meliat antusias masyarakat menonton karnaval FBIM ternyata hal ini yang membuat dagangannya ludes habis di serbu warga kota yang asik menonton momen tahunan usai pandemi covid-19 melandai. ”Saya tidak menyangka antusias masyarakat cukup besar untuk menonton karnaval dan saya berharap hal ini dapat terus diselenggarakan pemerintah, karena sangat membantu pedagang,”ucap Amat

Pembukaan FBIM sekaligus karnaval budaya yang telah berlangsung 17 Mei 2022 lalu diharapkan dapat menjadi momentum yang baik bagi kebangkitan perekonomian, karena FBIM memberi dampak positif bagi ekonomi kreatif maupun UMKM. Juga sekaligus menjadi sarana dalam menjaga eksistensi seni budaya dan kearifan lokal di Kota Palangka Raya karena selama 2 tahun tahun ini vakum akibat pandemi, kini FBIM bisa kembali digelar, sehingga menjadi sarana bagi pelaku seni budaya dan juga pelaku UMKM ekonomi kreatif bangkit dari pandemi Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar