Dinkes Kalteng Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Hepatitis Akut Misterius

KBRN, Palangka Raya: Kalimantan Tengah meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus Hepatitis Akut Misterius.Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan dalam sistem kewaspadaan dini, tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan yang mendapati pasien dengan gejala Hepatitis Akut Misterius harus segera melaporkan agar bisa dievaluasi apakah memang penyakit Hepatitis Akut Misterius atau bukan.

"Kalau dia Hepatitis Akut Misterius tentu sampelnya kita akan ambil dan kita kirim ke Jakarta atau ke Kementrian Kesehatan lebih lanjut dan sesuai dengan kesepakatan maka yang berhak mengumumkan Hepatitis akut misterius itu Kementrian Kesehatan. Jadi apabila ketemu di daerah tetap akan kita serahkan ke kementrian kesehatan untuk diproses dan mereka umumkan kalau memang itu terkonfirmasi. Dan sampai saat ini Kalteng belum mengirim sampel apapun," ujarnya kepada RRI, Selasa (17/5/2022). Suyuti Syamsul mengatakan sampai sekarang belum ditemukan kasus Hepatitis Akut Misterius di Kalteng.

Sementara itu, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus melakukan antisipasi masuknya kasus Hepatitis Akut Misterius dengan memperkuat SDM dan logistik.

Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, Yayu Indriati,  mengharapkan masyarakat juga dapat mencegah masuknya virus Hepatitis Akut Misterius dengan menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan. 

"Kami berharap juga antisipasi dari masyarakat untuk memutus mata rantai atau mencegah ini. Karena sebenarnya sumber penularan kan dari sanitasi lingkungan pribadi ataupun lingkungan di sekitar kita, jadi kalau bisa kebersihan lingkungan kemudian masing-masing pribadi juga sering cuci tangan apabila makan di luar, juga memperhatikan kebersihan. Agar penularan Hepatitis yang sebenarnya penularan dalam tubuh sendiri atau dari luar, dalam hal ini virus Hepatitis ini bisa kita hindari," ujarnya. 

Yayu Indriati menjelaskan Hepatitis Akut Misterius bukan Hepatitis A namun memiliki gejala yang mirip. Beberapa gejala umum yang patut dicurigai sebagai Hepatitis Akut Misterius, kata Yayu, diantaranya demam, lelah, mual, muntah serta mata dan tubuh berwarna kuning. 

Penyakit Hepatitis Akut yang tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kesadaran dan menimbulkan kematian. (gambar: detik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar