FBIM 2022 Jadi Pengobat Rindu Usai Dua Tahun di Rumah Saja

KBRN, Palangka Raya: Festival Budaya Isen Mulang 2022 dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-65 Kalimantan Tengah sudah di depan mata. 

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kalteng, Katma F. Dirun, mengatakan 14 kabupaten/kota siap mengirimkan kontingennya untuk mengikuti berbagai lomba dalam FBIM 2022.

"Kita sampai saat ini sudah mendaftar semua. Semangat hari jadi ke-65 Kalteng ini pasca menurunnya angka pandemi ini. Ini ternyata tanpa dibicarakan dan diskusikan sebelumnya menjadi momentum melepas rindu bersama-sama melaksanakan hasupa hasundau dalam rangka hari jadi ke-65 ini dan momentumnya pas masih di bulan Syawal pasca Idul Fitri," ujarnya beberapa waktu lalu. 

Rangkaian kegiatan Festival Budaya Isen Mulang dimulai Selasa 17 Mei dan ditutup pada Minggu 22 Mei di Bundaran Besar Palangka Raya bersamaan dengan Car Free Day. 

Pelaksanaan lomba-lomba kebanyakan dipusatkan di UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah Jalan Temanggung Tilung Palangka Raya.

Pelaku seni budaya Kalimantan Tengah menyambut baik diselenggarakannya kembali Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022.

Seorang penggiat seni budaya Kalteng, Donli, mengatakan FBIM yang kembali digelar dapat menjadi ajang silaturahmi dan melepas rindu para pelaku seni budaya di Kalteng. 

"Harapannya bagi saya terkhususnya untuk seluruh peserta lombanya tetap semangat ya walaupun sudah beberapa tahun ini FBIM tidak diadakan, ya sedikit banyaknya ini kita ambil hikmahnya lah untuk sekedar melepas rindu kita terutama pegiat seni yang lama tidak berkumpul sesama pelaku seni dari daerah atau kabupaten ataupun dari desa-desa yang lain. Ini waktunya untuk melepas rindu di FBIM yang syukurlah bisa dilaksanakan kembali," ucapnya. 

Berbagai cabang lomba seni budaya yang digelar diantaranya Lomba Karungut, Lomba Tari Tradisional, Habayang, Sepak Sawut, Balogo, Lomba Jukung Tradisional, Besei Kambe, Lomba Malamang, dan lain-lain. (Foto: kabare.id)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar