Belum Genap 2 Tahun Dibangun, Plafon Gedung Balai Basarah Hindu Kaharingan Ambruk

KBRN, Lamandau:  Plafon gedung Balai Basarah Hindu Kaharingan yang terletak di Jalan Mas Kaya Pengaruh RT 13, dekat komplek pemukiman Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau terlihat ambruk, Minggu (15/5/2022). 

Ambruknya plafon tersebut menimbulkan pertanyaan mengingat usia gedung tersebut baru kurang lebih 20 bulan setelah dilakukan pembangunan total pasca diresmikan, pada 20 September 2020 lalu. 

Seorang warga sekitar berinisial YY (40) mengaku baru mengetahui ambruknya plafon setelah melihat sejumlah bangunan bagian atas depan terlihat berlobang dan jatuh ke lantai.

Terlihat di lapangan plafon bangunan yang berbahan gypsum tebalnya kurang lebih 1 cm tersebut  terdapat beberapa sisi bangunan plafon yang ambruk, di sisi kiri teras dan depan bagian atas teras. 

Pengurus Balai Basarah Hindu Kaharingan hingga kini belum mengetahui hal tersebut, karena di tempat tersebut tidak ada orang penjaga ataupun orang yang bertanggungjawab atas operasional balai tersebut. 

Dirinya menambahkan balai hanya digunakan sesekali saat hari tertentu saja terutama saat beribadah. 

Kejadian ini sangat membahayakan terutama bagi jamaah yang ingin beribadah di dalam balai, terlebih sejumlah plafon bagian dalam ruangan juga terlihat mulai rapuh akibat rembesan air yang bocor dari atap bangunan. 

Dirinya berharap kerusakan ini bisa segera ditangani oleh pihak terkait, karena sangat membahayakan keselamatan warga, apalagi gypsum yang digunakan jenis tebal, sangat membayangkan jika menimpa orang saat beribadah. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar