Karhutla Di Kalteng Jadi Ancaman Serius, Seluruh Personil Siap Siaga

KBRN, Palangka Raya : Ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan harus tetap diwaspadai oleh masyarakat, meskipun saat ini cuaca seringkali berubah rubah, apalagi 3 hari belakangan ini cuaca di kota palangka raya sangat terik dan panas.

kepala bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Palangka Raya Heri Fauzi meminta masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana karhutla, dapat pro aktif melaporkan adanya titik api melalui call center 112 atau relawan bencana terdekat, sebab sebagian besar lahan di palangka raya adalah gambut, sedikit saja tersulut maka api cepat membesar.

"Langkah langkah pencegahan saat ini, BPBD lebih banyak melakukan edukasi kepada masyarakat melalui bantuan perangkat RW dan RT, baik berupa himbauan langsung kepada pemilik lahan maupun melalui spanduk dengan ajakan jangan melakukan pembakaran lahan saat musim kemarau," Kata Heri. Rabu (26/1/22)

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Tengah Irjenpol Nanang Avianto dalam rangka turut serta mengantisipasi bencana alam di Kalteng baik banjir dan karhutla, pihaknya telah menyiagakan personil dan peralatan canggih. Khususnya bencana karhutla polres jajaran di Kalteng telah melakukan apel siaga dan simulasi penanganan karhutla. Adapun sarpras yang disiapkan antara lain kendaraan dilengkapi dengan alkon penyemprot air dengan daya jangkau 17 meter menuju sumber api, dan puluhan mobil pemadam kebakaran.

"Kepada personil di lapangan, terus meningkatkan kemampuan penanggulangan bencana alam, karena tolak ukur keberhasilan adalah rutin berlatih dan cakap dalam mengoperasionalkan sarpras saat terjadi bencana, apalagi saat ini di palangka raya tanda tanda musim kemarau sudah terasa, sehingga seluruh personil dan pihak terkait lainnya diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan, sebelum bencana karhutla terlanjur parah," tukasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar