Umat Budha Dilatih Menghindari 3 Sifat Tercela : Loba, Kebencian, dan Ketidaktahuan

KBRN, Palangka Raya : Untuk mengembalikan kesucian hati, Keluarga Besar Vihara Nagarjuna Palangka Raya, melaksanakan kegiatan Atthangasila atau delapan nilai moral, sebagai bagian dari ritual penting umat Budha.

Salah satu Tokoh yang disegani Umat Budha Dr. Joko Santoso mengatakan tujuan dari ritual tersebut untuk membersihkan hati dan pikiran yang selama ini terkontaminasi oleh keadaan dunia. Adapun 8 sila meliputi, tidak boleh melakukan pembunuhan, mencuri, berhubungan badan, berbohong, minum minuman keras, mendengarkan musik/film/hiburan, tidak boleh tidur di tempat tinggi dan empuk serta tidak boleh makan setelah jam 12 siang waktu setempat.

Selain itu, ritual yang dilakukan minimal setahun sekali oleh Umat Budha tersebut, untuk melatih agar selalu mawas diri, mengintropeksi segala kesalahan, menghindari dari sifat serakah, kebencian, dan Ketidaktahuan

"Saya berharap kepada umat Budha dapat menerapkan hasil dari ritual delapan nilai moral, mengingat di zaman sekarang ini, sudah banyak kerusakan di muka bumi, jadi tiap manusia perlu kembali kepada ajaran dan keyakinan masing masing yang dianut, agar suasanan kondusif dan toleransi di kalteng dapat terus terjaga," Katanya. Senin (24/1/21)

Terpisah, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto, M.Si menghimbau masyarakat, dapat menghindari sikap intoleran, dan ujaran kebencian, semua umat beragama hendaknya menjalankan ibadah sesuai keyakinan yang dianut, agar persatuan dan kesatuan dapat terus terjaga.

"Selain itu, saya juga menginstrusikan kepada seluruh anggota kepolisian dan jajaran polres se Kalteng, dapat meningkatkan patroli, guna mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas di tengah masyarakat, lakukan pencegahan secara dialogis dan penyelesaian preventif, agar masyarakat dapat tenang dalam menjalankan aktivitas maupun ibadah," Tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar