Uji KIR Untuk Hindari Kecelakaan Lalu Lintas

Kbrn, Palangka Raya : Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, maka setiap angkutan harus melaui uji KIR, terbaru sebanyak 8 unit kendaraan roda empat Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya menjalani uji KIR perpanjangan atau uji kelaikan jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Palangka Raya Alman Pakpahan mengatakan, Uji KIR dilakukan di Gedung pengujian kendaraan bermotor Jalan Mahir Mahar Komplek Terminal AKAP W.A Gara. Selain memeriksa kondisi kendaraan, sekaligus juga pemeriksaan STNK dan kejelasan pemegang dari kendaraan dinas tersebut.

"Hari ini ada 8 unit mobil dinas operasional kita lakukan Uji KIR perpanjangan. Ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan dalam berlalu lintas," kata Kadishub Palangka Raya, Alman P Pakpahan.Jumat 21 Januari 2022

Dia menuturkan, uji KIR ini wajib hukumnya untuk mobil berpenumpang umum, bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan. Kewajiban itu sebagaimana yang tertulis dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) pada Pasal 53 ayat 1. Lalu pada ayat 2, pengujian berkala tersebut meliputi kegiatan pemeriksaan dan pengujian fisik serta pengesahan hasil uji.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar