Kelompok Informasi Masyarakat Perkuat Pemasaran UMKM

KBRN, Palangka Raya: Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki satu program unggulan yang disebut Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Visi KIM yakni erwujudnya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Agus Siswadi, mengatakan Kelompok Informasi Masyarakat di Kalteng sudah terbentuk di kabupaten sampai tingkat kecamatan.

“Kita harapkan memang fokus kita 2022 ini KIM benar-benar hidup yang bekerja sama dengan UKM-UKM di daerah. Tahap awal yang paling penting adalah pengukuhan pengurus KIM di provinsi Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Agus Siswadi mengatakan KIM di daerah-daerah sudah cukup aktif mendukung promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Badan Usaha Milik Desa.

“Dulu KIM ini kan dibentuk dalam rangka menjawab masalah blankspot ya. Jadi perpanjangan lidah pemerintah untuk menyampaikan ke daerah-daerah yang tidak terjangkau. Sekarang KIM ini tidak hanya terkait masalah blankspot tapi justru mengarah kepada  kelompok-kelompok kreativitas anak muda bekerja sama dengan IKM, BUMDEs dan sebagainya di Desa,” ujarnya.

Plt. Kepala Kadiskominfosantik Provinsi Kalimantan Tengah berharap dari KIM daerah yang sudah terbentuk nantinya muncul forum untuk mengakomodir bantuan-bantuan yang bisa diterima untuk mendukung upaya peningkatan peran KIM di daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar