Anggota Ditpolairud Polda Kalteng Beri Edukasi Perawatan Alat Selam

KBRN, Palangka Raya : Direktorat Kepolisian Perairan Dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalteng khususnya personel subdit patroli airud memberikan tips dan cara Perawatan Alat selam kepada personel di Mako Jl HM Arsyad km 15, Rabu (19/01/2022). 

Pada masa pandemi ini, saat semua aktivitas manusia di batasi, banyak barang atau benda difasilitas publik  ataupun  milik pribadi kurang terawat sehingga berdebu dan berjamur karena banyak aktivitas dan rutinitas manusia terhenti dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan PPKM dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19. Untuk barang-barang  yang merupakan sarana penting sebaiknya segera dicek dan dilakukan perawatan khusus.

Kombes Pol. Edward Indharmawan Eka Candra, S.I.K., M.H  melalui Kasi Patwal Airud Kompol Sumarya menyampaikan bahwa tata cara bagaimana merawat alat menyelam harus di kuasai setiap personel Ditpolairud  antara lain adalah perawatan dasar untuk seluruh peralatan selam meliputi  tatacara membersihkan peralatan  dengan cara yang benar semua alat harus dibilas dengan air tawar. 

"Alat yang sudah dibilas tersebut perlu disimpan di tempat yang kering, Hindarkan alat selam terkena cahaya matahari langsung karena dapat menyebabkan kerusakan pada alat atau mempercepat penurunan kualitas peralatannya,"ucapnya.

Selanjutnya baju selam atau wet suit sebaiknya disimpan dalam keadaan digantung dengan hanger dan tidak dilipat. Untuk regulator lebih baik dikeringkan dengan cara digantung, kemudian disimpan pada tempat yang kering. Jika memungkinkan regulator diservis berkala sesuai dengan anjuran yang terdapat pada masing-masing produk. 

"Untuk tabung selam disarankan sebaiknya disimpan dengan posisi dalam keadaan terisi udara kurang lebih 200 psi,"tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar