Kecamatan Jekan Raya Siapkan Tempat Penyimpanan Bantuan Bencana Alam

KBRN, Palangka Raya : Kecamatan Jekan Raya sudah memiliki lokasi sebagai tempatnya lumbung sosial, manakala terjadi bencana alam dan sebagai antisipasi minimnya bantuan.

Camat Jekan Raya Sri Utomo menjelaskan, sejak kedatangan menteri sosial, pemerintah kota palangka raya ditetapkan sebagai kawasan rawan bencana dan diminta untuk membentuk  lumbung sosial, adapun lokasi yang dipilih adalah, kelurahan petuk ketimpun, kelurahan bukit tunggal dan kelurahan palangka, dipilihnya ketiga lokasi tersebut, merupakan kawasan yang dikenal langganan bencana banjir.

"Pencegahan kebencanaan khusus di wilayah kecamatan jekan raya diperlukan peran serta dari kelurahan sampai ke tingkat pengurus RW, dengan cara ikut mengedukasi masyarakat tidak membakar lahan dengan sengaja di musim kemarau dan membuang sampah di sungai saat musim hujan, juga mengugugah kepedulian disaat masyarakat tertimpa musibah," Katanya. Selasa (18/1/22)

Terpisah, Kepala BNKG Palangka Raya, Catur Winarni mengungkapkan, cuaca ekstrem masih terus terjadi dalam beberapa hari ke depan, namun intensitasnya sedikit berkurang, paling sering terjadi sore dan dini hari, berdasarkan perkiraan berlangsung sampai bulan April.

“Kami menghimbau masyarakat dan pihak terkait lainnya dalam hal ini personil penanggulangan bencana, terus mengupdate informasi cuaca di Kalteng, agar saat terjadi bencana, dapat mengevakuasi diri dengan cepat dan terhindar dari jatuhnya korban jiwa,” Tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar