Kapolda Kalteng : Terus Berlatih Dan Tingkatkan Kemampuan Penanggulangan Bencana Alam

KBRN, Palangka Raya : Jajaran Polda Kalimantan Tengah menyiapkan sarana dan prasarana, yang akan digunakan oleh personil Kepolisian, dalam menanggulangi berbagai bencana alam saat musim hujan dan kemarau.

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si  bertindak sebagai inspektur dalam apel gelar personel dan sarana prasarana (Sarpras) di Lapangan Ditsamapta Polda Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km 6,5. Selasa (18/1/22) mengatakan, kejadian bencana yang pernah terjadi di Kalimantan Tengah seperti banjir, puting beliung dan kabut asap, harus menjadi pelajaran penting bagi semua personil, untuk terus waspada mempersiapkan diri, melakukan pencegahan terhadap berbagai kemungkinan buruk.

“Khusus untuk karhutla bersyukur selama dua tahun tidak terjadi Kalteng, semua itu tidak terlepas dari bantuan hujan, namun hal itu jangan membuat kita terlena kemudian santai, tetapi harus terus latihan dan mengecek semua peralatan, sebab yang paling menentukan adalah kemampuan SDM personil dan kesiapan dalam mengoperasionalkan peralatan saat bertugas,” Kata Kapolda.

Selain itu Nanang juga mengingatkan kepada seluruh personil, dapat intensif melakukan simulasi kebencanaan, agar kemampuan petugas tambah meningkat dan lebih siap menghadapi bencana.

“Yang tak kalah penting semua stakholder dapat meningkatkan kebersamaan, sehingga berbagai kesulitan apapun yang dihadapi, akan terasa mudah dan ringan,” tambahnya

Terpisah, Kepala BMKG Palangka Raya, Catur Winarni mengungkapkan, cuaca ekstrem masih terus terjadi dalam beberapa hari ke depan, namun intensitasnya sedikit berkurang, paling sering terjadi sore dan dini hari, berdasarkan perkiraan berlangsung sampai bulan April.

“Kami menghimbau masyarakat dan pihak terkait lainnya dalam hal ini personil penanggulangan bencana, terus mengupdate informasi cuaca di Kalteng, agar saat terjadi bencana, dapat mengevakuasi diri dengan cepat dan terhindar dari jatuhnya korban jiwa,” Tukasnya.

.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar