Dukcapil Palangka Raya Kenalkan Sistem Pelayanan Online Si Doi ( Dokumen Oloh Itah)

KBRN, Palangka Raya : Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Palangka Raya, terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, bahkan dalam waktu dekat akan mengenalkan aplikasi Doi singakatan Dokumen Oloh Itah.

Plt. Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Palangka Raya Drs.Edie, M.AP melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Taufik Hidayat, SE, MM mengatakan, tujuan diluncurkannya aplikasi Doi, untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, bahkan sampai ke pelosok kota dapat terjangkau, hal ini sejalan dengan perkembangan zaman. Aplikasi ini dapat diunduh pada playstore seluruh HP android, selanjutnya masyarakat tinggal memilih jenis pelayanan apa yang dicari yang berkaitan data kependudukan seperti E-KTP, KK, KIA, dan berbagai surat keterangan.

"Jadi masyarakat cukup dirumah saja ketika mengurus data penduduk beserta perubahan data, tidak perlu lagi ke kantor untuk antri, karena sistem aplikasi doi akan membantu mengatasi kesulitan yang dialami oleh masyatakat, saat di download tinggal mengikuti perintah dari sistem ini," kata Taufik. Selasa (18/1/22) Selain lewat online, Dukcapil Palangka Raya juga terus membenahi sistem kerja pelayanan petugas tatap muka, dengan menjanjikan target penyelesaian sehari selesai, selama persyaratan yang diajukan lengkap, loket pelayanan juga ditambah baik lantai atas dan sekitar parkir gedung dukcapil.

Untuk itu pihaknya menghimbau bagi warga yang telah berusia 17 tahun, dapat mengurus perekaman  E KTP, karena pelayanan gratis tidak dipungut biaya.

"Saya minta masyarakat melaporkan kepada Kepa Dinas, manakala ditemukan petugas meminta pungutan istilahnya pungli, agar diberikan pembinaan sekaligus sanksi sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku," tukasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar