Drainase Perlu Ditangani, Penyebab Air Meluber Genangi Jalan

KBRN, Palangka Raya : Setiap hujan turun mengguyur kota Palangka Raya, hitungan jam saja beberapa titik sudut kota cantik ini jalannya tergenangi air. Seperti diruas jalan Lawu, Rajawali, Beliang dan termasuk didaerah dataran rendah lainnya juga terendam.

Warga Jl.Lawu Kota Palangka Raya M.Badruddin mengeluhkan jalan yang ada didepan rumahnya selalu banjir jika hujan turun, padahal jalan ini sering dilintasi warga sekitar, selama tinggal di Jl.Lawu ada sekitar tiga tahun pamanya, Jl.Lawu selalu banjir jika hujan turun dan belum pernah ada perhatian untuk perbaikan. 

"Kalau banjir hampir 100 meter lebih jalan ini terendam, dan menjadi langganan banjir kalau hujannya turun 1-2 jam pas banjir lokasi sini,"tuturnya.

Menuruntnya, jika dilihat penyebab banjir, air dari drainase meluap, itu karena drainase kecil dan tersumbat membuat air tidak mengalir lancar, sehingga meluber ke jalan.

"Saya dan masyarakat Bukit Hindu Jalan Lawu sangat mengharapkan, pemerintah setempat agar segera memperbaiki drainase yang ada termasuk jalan yang ditikungan sering sekali kecelakaan diaitu, bagaimana caranya air yang ada di drainase dapat mengalir lancar ke muara dan jalan tikungan itu diperlebar, supaya nyaman arus lalu lintas berkendaraan,"harapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinad PUPR Kalteng, Shalahuddin mengatakan, "Kami akan mengupayakan pemeliharaan didaerah yang sering tergenangi air atau banjir, baik drainase maupun jalan. jika ada anggaran akan diprioritaskan. Sebab akibat pandemi, anggaran pembangunan sebagian dialihkan untuk penanganan covid19, diantaranya untuk peningkatan infrastruktur jalan, baik anggaran pada Dinas PUPR Provinsi, Kabupate/kota juga dialihkan sebagian,"terangnya.

Sementara berdasarkan pantauan dilapangan, penyabab air meluber hingga ke jalan, drainase kecil tidak dapat menampung debit air yang banyak sehingga perlu pelebaran drainase, ditambah lumpur atau pasir banyak bertumpuk didalam drainase, ditambah tumpukan dampah, ada juga drainasenya lebar, namun air pembuangan ke arah draenase tidak berfungsi dengan baik atau tersumbat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar