Jalan 40 Banyak Menyimpan Kenangan

KBRN, Palangka Raya : Masyarakat kota Palangka Raya kelahiran 1930 sampai dengan dengan tahun 1980 tentu mengenal betul jalan 40. ya, jalan tersebut sangat dikenal oleh masyarakat luas sebelum berubah menjadi jalan diponegoro. tepatnya jalan yang saat ini dihuni oleh perniagaan bercampur dengan perkantoran. Area jalan 40 sangat luas yakni meliputi seluruh Kelurahan Panarung sampai dengan sekitar bundaran kecil.

Salah satu saksi sejarah yang lahir di era tahun 1960 an Sucipto, merasakan betul bagaiman begitu dikenalnya jalan 40, nama yang cukup sederhana, namun mudah diingat oleh masyarakat menjadi sejarah tak terlupakan. 

"Perkembangan penduduk sebelum seramai sekarang ini, dahulunya di jalan 40 masih hutan belantara dengan pohon pohon besar dihuni banyak orang hutan dan babi hutan, bahkan seringkali dilakukan operasi perburuan binatang liar, termasuk mendiang dari ayahnya sucipto, ikut  membantu pemerintah merintis sekaligus melakukan pembukaan lahan jalan 40," Kata Cipto. Minggu (16/1/22)

Masih kata Sucipto jalan 40 juga dikenal masyarakat sebagai akses menuju landasan udara pada saat itu namanya bandara panarung yang kini telah berubah namanya menjadi bandara cilik riwut. Perumahan masih jarang sampai era tahun 80 an. Dan secara perlahan di kawasan jalan 40, mulai dibangun perumahan dan gedung perkantoran, bahkan RRI sempat berkantor di jalan tersebut bersebelahan dengan Bank Indonesia. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar