Tak Perlu Khawatir dengan Pergantian Warna Plat Nomor Kendaraan

KBRN, Palangka Raya : Korlantas Polri akan memberlakukan plat nomor kendaraan yang tadinya menggunakan warna dasar hitam menjadi putih. Selain perubahan warna, dalam setiap plat nomor tersebut juga akan dipasang chip yang berisi biodata pemilik kendaraan.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang Pengamat Hukum Muda di Kota Palangka Raya yang juga Wakil Ketua Bidang Hukum Asosiasi Jurnalis Video dan Anggota Lembaga Bantuan Hukum Penegak Hukum Rakyat Indonesia, Enrico Tulis, Minggu (16/1/22), untuk perubahan warna plat itu, berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2021, dari hitam ke putih untuk perorangan.

"Nah tujuan perubahan ini kan untuk efektifitas penerapan tilang elektronik. Jadi tujuannya sendiri sangat bagus, dimana bisa meminimalisir pelanggaran lalu lintas," ujar pemuda yang akrab disapa Riko ini.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir karena penerapannya tidak langsung serentak dilakukan, melainkan secara bertahap. Dimulai untuk kendaraan baru dan yang lama dilakukan ketika perpanjangan STNK 5 tahun.

"Artinya, ketika perubahan warna plat ini sudah diterapkan, bukan berarti kendaraan yang masih menggunakan plat hitam itu ilegal, melainkan tetap bakal diganti. Hanya saja ketika perpanjangan STNK 5 tahun," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar