BKSDA Pos Sampit Terima Orangutan dari Warga

KBRN, Palangka Raya : Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, menerima satu individu orangutan jantan usia sekitar satu tahun dalam keadaan sehat dari salah seorang warga Jalan Palangkong, Kelurahan Kuala Kuayan, Kecamatan Mentaya Hulu Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, Rabu (8/12/21). 

Komandan Pos Jaga Sampit, Muriansyah, mengatakan pada hari Selasa (7/12/21), pihaknya mendapat arahan dari Ka SKW II untuk menghubungi masyarakat bernama Ade. Warga tersebut diinformasikan ingin menyerahkan anak orangutan yang dipeliharanya. 

Petugas dari BKSDA Pos Sampit langsung menghubungi bersangkutan dan berdasarkan keterangan Ade, memang benar bahwa dirinya memelihara anak orangutan, namun ingin menyerahkan ke petugas BKSDA.

"Pada hari ini sekitar pukul 08.00 WIB, petugas Pos Sampit berangkat ke Kuala Kuayan dengan menggunakan mobil. Tiba sekitar setengah dua siang di tempat pak Yanson. Sekitar 4 bulan lalu, anak orangutan tersebut ditemukan di tepi jalan menuju perkebunan kelapa sawit. Dalam kondisi terluka di bagian hidung dan siku bengkak, terkilir. Lalu dibawa pulang dan dirawat. Selanjutnya hari ini, diserahkan ke petugas BKSDA," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar