Budi Wahyudi : KPR MLT Permudah Peserta BPJS Ketenagakerjaan Miliki Rumah

KBRN, Palangka Raya : Manfaat Layanan Tambahan (MLT) bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kini semakin dirasakan manfaatnya, seiring terbitnya Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 35 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian, Persyaratan dan Jenis MLT dalam Program Jaminan Hari Tua.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palangka Raya, Budi Wahyudi, Minggu (5/12/21), menjelaskan program ini bisa dalam bentuk pinjaman uang muka perumahan atau KPR. Sehingga pihak BPJS Ketenagakerjaan telah bekerjasama dengan pihak Bank BTN.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin mengetahui apa saja fasilitas dan persyaratannya, bisa langsung menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan. 

Namun lebih lanjut Budi Wahyudi membeberkan, fasilitas KPR MLT hanya berlaku untuk rumah pertama atau bagi peserta yang belum memiliki rumah. 

"Salah satu persyaratan MLT, bagi pekerja yang belum memiliki rumah, bisa menggunakan fasilitas ini. Jadi pembelian rumah pertama, bukan rumah kedua, ketiga atau seterusnya," ujar Budi Wahyudi. 

Selain itu persyaratan lainnya, pekerja telah terdaftar sebagai peserta aktif minimal satu tahun serta pemberi kerja tertib administrasi kepesertaan dan pembayaran iuran. 

"Dari sisi persyaratan lainnya dari BPJS Ketenagakerjaan, masa keanggotaan minimal satu tahun. Kemudian perusahaan tempat peserta bekerja itu tertib administrasi. Salah satunya tidak ada tunggakan iuran dari perusahaan," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar