Pasokan Tersendat, Harga Cabai Naik 100 Persen

KBRN, Palangka Raya : Harga cabai di Kota Palangka Raya, Kalteng mengalami kenaikan cukup signifkan dalam beberapa hari terakhir. Melonjaknya harga cabai hingga 100 persen ini dikarenakan pedagang kesulitan mendapatkan pasokan dari Kalimantan Selatan akibat banjir.

Sehingga kebanyakan membeli dari Pulau Jawa. Oleh karena itu biaya pendistribusian agak sedikit mahal. Cabai keriting yang biasa dijual dengan harga Rp45 ribu, saat ini menjadi Rp90 ribu perkilogram.

Sedangkan cabai merah besar yang biasa dijual dengan harga Rp50 ribu, kini menjadi Rp100 ribu perkilogram. Cabai hijau besar semula Rp20 ribu menjadi Rp50 ribu perkilogram. Kenaikan tertinggi pada cabai rawit, dari Rp25 ribu menjadi Rp90 ribu perkilogram. 

Salah seorang pedagang pasar tradisional Kota Palangka Raya, Marini, menyebut naiknya harga cabai karena sulitnya mendapatkan pasokan cabai dari Barabai, Kalimantan Selatan karena banjir. Akibatnya, terpaksa memasok dari Pulau Jawa dengan biaya transportasi yang cukup tinggi. 

"Penyebabnya pasokan dari Banjar kan tidak ada lagi karena banjir di daerah Barabai. Semenjak banjir itu naiknya luar biasa," ujarnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar