Gubernur Sugianto Berharap Bartim Bisa Jadi Bagian dari Food Estate

KBRN, Palangka Raya: Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, berharap Bendungan Karau milik Kementrian PUPR yang berada di Barito Timur bisa semakin diperluas.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalteng  Sugianto Sabran melakukan kunjungan kerja ke Desa Batu Putih, Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalteng, Jumat (3/12/2021).

Menurut Gubernur Sugianto Sabran potensi pertanian di Barito Timur sangat luar biasa dengan adanya bendungan karau milik Kementerian PUPR.

"Saya berharap ini ke depannya bisa mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat, Bartim ini bisa dibantu dengan dana DAK dari Kementerian PUPR. Kita usulkan bendungan ini bisa ditambah lagi luasannya sehingga bisa mengalirlah lahan sawah melalui pemanfaatan bendungan ini sehingga bisa mencapai 6.000-7.000 Ha,” ujar pungkas Gubernur.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini berharap pertanian di kawasan Bendungan Karau pengembangannya mampu dilakukan secara maksimal.

Sebagaimana diketahui, Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Pertanian telah mempercayakan Provinsi Kalteng melaksanakan program pengembangan food estate sebagai daerah yang diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa.

Kawasan lokasi lumbung pangan tersebut berada di Kabupaten Pulang Pisau di lahan seluas 10 ribu Ha dan Kabupaten Kapuas di lahan 20 ribu Ha.

H. Sugianto Sabran berharap Kabupaten Barito Timur bisa menjadi bagian dari Food Estate.

Bendungan Karau disebut juga sebagai Bendungan Batu Putih, karena lokasinya yang terletak di Desa Batu Putih dan di dalam wilayah Kecamatan Dusun Tengah.

Bendungan Karau ini merupakan hulu Sungai Karau yang tak kalah indahnya Bendungan Tampa yang ada di Desa Tampa, Kecamatan Paku Raya. Fungsinya pun juga sama yakni sebagai irigasi untuk areal persawahan di sepanjang Sungai Karao. Saat ini, bendungan Karau menjadi salah satu tempat wisata di Kalteng yang banyak dikunjungi wisatawan.

Selama kunjungan di Kabupaten Barito Timur, Gubernur didampingi Bupati Barito Timur Ampera Y. Mebas. (Sumber: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar