Cagar Budaya Tak Hanya Istana Kuning Kutaringin

KBRN, Palangka Raya : Benda dan bangunan cagar budaya di Kalimantan Tengah (Kalteng), merupakan warisan dari leluhur yang harus dijaga serta dilestarikan.

Di Kalteng, banyak ditemukan cagar budaya peninggalan leluhur Suku Dayak maupun lainnya yang mampu menjadi daya tarik wisatawan.

Menurut Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh, pemerintah daerah bisa memperhatikan keberadaan sejumlah cagar budaya agar tidak rusak maupun hilang dicuri oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Merupakan tanggung jawab dari pemerintah untuk menjaganya karena jumlahnya ada banyak. Terus diperhatikan agar dapat selalu dilihat oleh generasi berikutnya," ujar Politisi Partai Nasdem ini.

Ditambahkannya, seperti Istana Kuning, merupakan bukti dari sisa peninggalan Kesultanan Kutaringin di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Namun tidak hanya Istana Kuning saja tapi juga gereja bersejarah di Mandomai, Kapuas  perlu mendapat perhatian secara serius.

"Masih banyak cagar budaya atau situs bersejarah. Beberapa Huma Betang yang ada di pedalaman, jangan diabaikan begitu saja. Pelestarian itu penting guna pengingat masa kini bahwa sejarah di masa lalu itu ada," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar