Wakepsek SMAN-5 Berikan Saran Teknologi Bagi Kemajuan Museum

KBRN, Palangka Raya : Dalam Dialog Museum hari ketiga di UPT Museum Balanga, Kalteng dengan tema Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Museum Balanga Dalam Menghadapi Era Globalisasi di UPT Museum Balanga, salah seorang guru pendamping yang juga Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) Bidang Sarana Prasarana, SMAN-5 Palangka Raya, Endar Priyo Sulistiyo, Jumat (26/11/21), menyampaikan masukannya terkait penerapan teknologi dalam mempromosikan koleksi museum.

Menurutnya, museum benar-benar harus mau terbuka terhadap masyarakat. Sehingga dalam penerapaan digital di museum, bisa mengajak kerjasama semua pihak misalnya guru. Diakui Endar Priyo Sulistiyo, pihaknya sebagai guru pasti siap bekerjasama untuk memajukan Museum Balanga.

"Museum harus modern karena kita ketahui banyak museum sudah tua. Di Palangka Raya atau Museum Balanga belum virtual tour. Nah inikan menjadi sangat menarik apabila kita bisa melakukannya. Jika pihak museum tidak memiliki fasilitas itu, bisa mengajak misalnya pihak sekolah yang memiliki fasilitas zoom meeting," ujarnya.

Lantaran rata-rata pihak sekolah memiliki fasilitas zoom meeting, guru-guru bisa membantu. Tetapi jika ingin adanya interaksi, lanjut dikatakan Endar Priyo Sulistiyo, pihak museum juga harus memiliki fasilitas zoom meeting atau sejenisnya.

"Guru-guru pasti memiliki itu karena diberikan fasilitas oleh pemerintah. Sehingga 24 jam bisa bertemu via virtual. Nah ini sebenarnya bisa dimanfaatkan," ucapnya.

Ditambahkan Endar Priyo Sulistiyo, saat ini museum masih menyediakan pemandu-pemandu bersifat manual. Sehingga bagaimana ke depannya, pemandu-pemandu direcord dengan sistem QR code. Misalnya dengan hanya melihat dan scan barcode, bisa langsung mengetahui benda-benda koleksi museum tanpa harus menunggu penjelasan dari pemandu manual.

"Tinggal scan barcode, bisa langsung muncul penjelasannya. Kalau belum jelas, juga ada muncul videonya. Sebenarnya kita bisa membuat seperti itu karena ini era digitalisasi dan globalisasi," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar