Era Digital, SDM Museum Perlu Ditingkatkan

KBRN, Palangka Raya : Hari ketiga kegiatan Dialog Museum dengan tema Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Museum Balanga Dalam Menghadapi Era Globalisasi dengan peserta dari SMAN-5 Palangka Raya, di UPT Museum Balanga, Jumat (26/11/21) berjalan degan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sangat ketat. 

Pamateri atau narasumber dialog, Kepala Bidang (Kabid) Sejarah, Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, Maria Doya Aden di depan para siswa dan guru pendamping yang hadir, menerangkan keinginan pihaknya terkait adanya peningkatan kunjungan ke Museum Balanga, diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni karena saat ini eranya digital atau globalisasi, sehingga SDM perlu ditingkatkan dan terus diberi pelatihan.

Walaupun disisi lain lanjut Maria Doya Aden, hal yang bersifat manual harus tetap dipertahankan. Misalnya petugas perawatan benda-benda karena sifatnya langsung bersentuhan. Sehingga ke depannya, terus diadakan pelatihan terhadap SDM ini untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi era globalisasi.

"Era digital itu sangat diperlukan untuk mempromosikan karena secara umum, SDM museum di Kalteng dan Jawa itu secara spesifikasi sama saja. Hanya di sini untuk yang spesifik itu belum terisi. Kalau dulu memang ada. Tapi kita tahu dalam birokrasi, ada pergeseran-pergeseran sehingga dimutasi. Munculah tenaga-tenaga baru yang harus dilatih dari nol," imbuhnya.

Dialog ini berjalan sangat menarik. Siswa ada yang memberikan saran agar dalam memperkenalkan barang koleksi di media sosial, bisa sekaligus mencantumkan penjelasan di dalam foto. Saran tersebut pun disambut baik oleh panitia kegiatan demi kemajuan museum ke depannya. 

"Terkait era globalisasi. Sekarang banyak orang melihat lewat hp atau media sosial. Nah yang saya lihat di media sosial Museum Balanga ini kan hanya memfoto tapi tidak memberikan penjelasan. Alangkah baiknya bisa diberikan penjelasan agar menarik orang-orang bisa berkunjung ke museum," ungkap salah seorang siswa Aditia Wilda Winata.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar