Tingkatkan Pelayanan Publik Melalui SP4N LAPOR

KBRN, Palangka Raya : Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskomindo) Kota Palangka Raya melaksanakan webinar pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang dilaksanakan secara daring, Kamis (25/11/2021).

Dalam kegiatan Webinar ini turut menghadirkan Narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dan diikuti 34 Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Walikota Palangka Raya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Fifi Arfina mengatakan partisipasi publik dalam pengembangan kebijakan adalah elemen penting untuk pemerintahan yang baik dan elemen mendasar untuk mitigasi/pencegahan korupsi. Selama akhir 1990-an, Indonesia telah menjalankan agenda reformasi yang luas, dan sejak itu telah melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan manajemen pemerintah.

“Pemerintah terus berkomitmen untuk melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan. Salah satu upayanya adalah pembentukan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), yang selanjutnya disebut SP4N-LAPOR! ,” ucap Fifi.

Fifi Arfina Menambahkan Pemerintah Kota Palangka Raya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang baik, salah satunya melalui SP4N LAPOR. Dengan hadirnya SP4N LAPOR diharapkan dapat memberikan akses partisipasi bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, pengaduan dan permintaan informasi terhadap layanan publik Pemerintah Kota Palangka Raya secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik.

Harapannya melalui kegiatan webinar pengelolaan pengaduan ini kami selaku Admin Koordinator aplikasi LAPOR berupaya mendorong Pejabat Penghubung dan Operator untuk aktif dan responsif dalam menjawab dan menindaklanjuti laporan pengaduan yang masuk.

“Dengan adanya peningkatan pengelolaan pengaduan layanan publik, diharapkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan terus meningkat demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih (good and clean government), transparan dan terpercaya,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar