TSAK Bukit Tunggal Berhasil Padamkan Sejumlah Titik Api

KBRN, Palangka Raya : Tim Serbu Api Kelurahan Bukit Tunggal berhasil memadamkan 5 titik api yang tersebar di kawasan rawan karhutla kecamatan jekan raya antara lain di lingkar luar dan jalan cilik riwut.

Hal ini disampaikan Ketua TSAK Kelurahan Bukit Tunggal Wayan Bimo Seno kepada RRI. Dikatakan, dalam seminggu belakangan ini, perubahan cuaca dirasakan masyarakat, paling dominan terjadinya terik panas yang dapat berpotensi karhutla, beruntung personil serbu api kelurahan bukit tunggal sigap dan cepat serta dibantu manggala agni dan kepolisian, rutin menggelar patroli ke sejumlah titik rawan kebakaran, sehingga tatkala melihat titik api yang terbakar cepat dipadamkan tidak sempat meluas.

"Kami mengajak masyarakat, terutama melalui masing masing pengurus RT, dapat bersama sama mencegah karhutla parah seperti tahun 2015 dan 2019, caranya terus mengingatkan warganya tidak membuka lahan dengan cara dibakar," Kata Wayan. Rabu (27/10/21)

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pencegahan Dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Palangka Raya Heri Fauzi mengklaim selama kurun waktu 6 bulan terakhir, BPBD dibantu TSAK berhasil memadamkan titik api sekitar 75 hektar, terjadi paling banyak di kawasan lingkar luar kecamatan jekan raya.

"Seiring perubahan cuaca kadang hujan dan panas, potensi terjadinya karhutla tidak terlalu banyak. Kendati demikian pihaknya menghimbau masyarakat tidak boleh lengah, akan tetapi terus waspada, manakala ada oknum membakar sampah di semak dan lahan terlantar sedini mungkin dicegah, agar kebakaran tidak sempat meluas," Tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00