Menguatkan Karakter dengan Meneladani Kesempurnaan Akhlak Mulia Rasulullah SAW

KBRN, Palangka Raya : Hadir langsung secara terbatas dan lewat daring, Rohani Islam (Rohis) SMAN 5 Palangka Raya mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu 23 Oktober 2021 bertepatan dengan 16 Rabiulawal 1443 H.

Peringatan yang bertema ‘Kepribadian Mulia yang Sempurna’ ini digelar di aula sekolah dengan dihadiri langsung oleh puluhan siswa dan guru. Sementara itu ratusan siswa yang lain mengikuti secara daring dari rumah saja.

Mengawali tausiah, Ustaz Muhammaf Noor Hidayat mengajak hadirin untuk senantiasa mensyukuri nikmat Allah SWT. “Kita tidak bisa menghitung nikmat Allah SWT satu per satu. Bahkan jika pohon dan air laut dijadikan pena dan tinta, maka tidak akan bisa menuliskan nikmat Allah itu selengkapnya yang tiada terhingga,” ucapnya.

Menyinggung peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang digelar setiap tahun, dia mengingatkan dengan menggelar kegiatan ini maka umat Islam semakin mengenal betul dan mencintai Rasulullah, lalu mengikuti sunahnya dan meneladani akhlak mulianya.

“Jika kita mencintai Rasulullah dan mari kita baca dan pelajari kisah keteladanan agar memperoleh hikmah lalu meneladani akhlak mulianya yang sempurna. Mari kita buktikan bahwa cinta kepada Rasulullah SAW melebihi cinta kepada manusia,” tuturnya.

Diuraikan, akhlak utama Nabi Muhammad SAW yang bisa dipelajari dan diteladani di antaranya jujur. Selama hidupnya beliau tidak pernah sekali pun berdusta.

Nabi selalu menunjukkan kejujuran dan memelihara amanah, sehingga selalu dapat dipercaya. Inilah yang mengantarkan beliau digelari Al-Amin.

Selama hidupnya beliau juga menunjukkan akhlak sederhana dalam segala hal. Contohnya, dalam berpakaian. Nabia hanya memiliki tiga lembar pakaian sederhana yang dipakai secara bergantian. Sungguh kesederhanaan yang luar biasa.

Rasulullah SAW juga merupakan sosok yang sangat hormat kepada orang tua. Ia sangat menghormati orang tua sekaligus juga sangat menyayangi dan mengasihi anak yatim dan fakir miskin.

“Mari kita amalkan sifat keteladanan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dan di antaranya sifat jujur, sederhana, dan menghormati orang tua untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dunia akhirat,” tandasnya.

Usai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dilanjutkan dengan acara pelantikan Pengurus Rohis baru. Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Ramli melantik secara langsung. Ramli berpesan agar pengurus baru bisa melaksanakan program dengan lebih baik lagi.

“Mari sukseskan program yang baru kita luncurkan hari ini yakni Program Jumat Berinfak. Mari tanamkan sikap suka berinfak dan bersedekah ikhlas karena Allah SWT. Kita ikuti pula dengan senantiasa menjalankan kebiasaan menjaga kebersihan musala dan lingkungan sekolah sebagai bagian berakhlak terpuji dan berkarakter kuat,” tuturnya mengamanati. (NT/SUMBER : MEDIA CENTRE PALANGKA RAYA ) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00