Pilah Sampah Dari Rumah, Efektif Kurangi Volume Sampah

KBRN, Palangka Raya : Salah Satu Petugas Kebersihan Jalan, Mukaramah menilai, kesadaran masyarakat masih rendah dalam hal membuang sampah, bahkan ada pengendara roda empat saat berkendara menyempatkan diri membuag sampah di pinggir jalan, seharusnya dikumpulkan di dalam kantong plastik kemudian di buang pada tempat.

Selain itu, masalah lain yang perlu dicarikan solusi untuk mengatasi masalah kebersihan di kota Palangka Raya, jumlah armada dengan volume sampah terkadang tidak berimbang dan kurangnya pengawasan terhadap perda sampah yang sudah lama diterbitkan.

Disamping itu, upaya lain yang dilakukan dengan membagikan ratusan tong sampah ke sejumlah sekolah dan instansi pemerintahan, karena pengadaan tong sampah juga dibantu oleh BPJS Kesehatan. Zaini mengungkapkan, pembagian tong sampah untuk membiasakan anak anak sekolah membuang sampah pada tempatnya, dan membentuk kesadaran masyarakat peduli terhadap lingkungan.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya memastikan, pembanguna depo di dua lokasi yakni jalan mahir mahar dan kecipir rampung dan siap untuk  di fungsikan,

Kepala DLH Palangka Raya Ahmad Zaini mengatakan, pembangunan depo di permukiman padat penduduk bertujuan untuk mengurangi volume sampah yang diangkut ke tempat pembuangan akhir, terutama jenis sampah plastik, nantinya di sejumlah depo disiapkan petugas dan alat khusus memfilter limbah, agar tidak menimbulkan masalah bagi lingkungan.

"Tugas menjaga kebersihan lingkungan adalah tugas kita bersama, jadi mulai sekarang mari kita pilah sampah dari rumah," Tukasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00