Kelompok Nelayan Bisa Ajukan Bantuan Sarpras Penangkap Ikan

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan bantuan sarana prasarana bagi nelayan untuk meningkatkan nilai produksi perikanan tangkap.

Dalam waktu dekat, nelayan di Kelurahan Kumai Hilir dan Desa Kubu, Kabupaten Kotawaringin Barat akan mendapat paket bantuan mesin kapal sebanyak 75 unit.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan), Arief Rakhman, berkoordinasi dengan Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat Elly Rosdiannie mengenai bantuan tersebut, Jumat (22/10/2021).

Dalam pertemuan ini juga dilakukan koordinasi mengenai bantuan kapal 2 GT yang berlokasi di Desa Sungai Bakau. 

Kepala Dislutkan Provinsi Kalteng, Darliansjah, mengatakan untuk mendapatkan bantuan ini, kelompok nelayan tangkap harus berbadan hukum dan mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan juga mengajukan proposal ke Dislutkan Kalteng. 

“Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah mengharapkan bahwa dengan adanya bantuan berupa pengadaan kapal 2 GT ini dapat menjadi sarana yang mendukung untuk usaha penangkapan ikan bagi nelayan, sehingga mampu meningkatkan produksi perikanan tangkap, terutama di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujarnya seperti dikutip dari MMCKalteng.

Darliansjah berharap kepada kabupaten yang lainnya untuk segera menyusul agar bisa mendapatkan bantuan ini. Kelompok nelayan diimbau memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, sehingga peningkatan produksi perikanan tangkap di Provinsi Kalimantan Tengah bisa tercapai. 

Rencananya penyerahan mesin akan dilaksanakan di Kelurahan Kumai Hilir dan Desa Kubu. Tujuan penyerahan mesin kapal ini adalah untuk meningkatkan nilai produksi perikanan tangkap sesuai dengan Permendagri No 14 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selain itu, Dislutkan Kalteng juga melakukan supervisi ke lokasi galangan CV. Wijaya yang terletak di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai, untuk melihat sejauh mana kemajuan proses bantuan kapal 2 GT yang akan diserahkan kepada masyarakat. (Sumber: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00