Meski Sudah Level 2, Palangka Raya Belum Berani Terapkan Rapid Tes Antigen

KBRN, Palangka Raya : Enam Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah ditetapkan melaksanakan PPKM level 2, termasuk kota Palangka Raya,  sedangkan delapan lainnya berstatus PPKM level 3. meskipun Palangka Raya berhasil keluar dari level 3 namun syarat untuk perjalanan masih memberlakukan PCR.

Hal ini diungkapkan, Ketua Harian Satgas Covid 19 Emy Abryani kepada RRI. dijelaskan, berdasarkan laporan harian update perkembangan covid 19 masih ditemukan kasus penambahan dan kematian dalam perminggunya, sehingga menjadi dasar bagi pemerintah setempat memberlakukan PCR bagi pelaku perjalanan dari dan ke kota palangka raya. meskipun kebijakan tersebut memberatkan bagi masyarakat, tetapi tujuannya untuk kebaikan semua, yakni memutus rantai covid 19 dan membatasi mobilisasi massa.

Emi mendorong seluruh masyarakat dapat berprilaku patuh terhadap prokes, jangan sampai seiring sudah melandai, membuat masyarakat lengah dan lalai terhadap prokes.

Sementara itu, menyikapi masih diberlakukannya tes PCR bagi pelaku perjalanan dari dan ke kota palangka raya, Plt.Kepala Dinas Perhubungan Palangka Raya Yulindra Dedi berpendapat, bila mengacu pada Instruksi Kemendagri nomor 54 tahun 2021 seharusnya daerah yang sudah ditetapkan level 2 bisa memilih dalam memberlakukan PCR atau rapid tes antigen, mengenai penerapan di lapangan tergantung dari masing masing Kepala Daerah berdasarkan rekomendasi dari kajian epidemiologi dan satgas penanganan covid 19 membolehkan atau tidaknya rapid tes antigen.

Yulindra mengakui, sejak penerapan ppkm level 4 dan PCR di sejumlah bandara, telah mempengaruhi roda perekonomian masyarakat, dan mobilisasi massa dapat ditekan, tetapi ranah dari Dinas Perhubungan masuk dalam tim gabungan satgas penanganan covid 19, hanya memastikan kebijakan dari pemerintah pusat dan daerah telah terlaksana dengan baik, dan membantu kelancaran arus lalu lintas masyarakat.

Adapun Kelurahan di Palangka Raya yang sudah ditetapkan zona Zona Hijau meliputi Kelurahan Pager, Petuk Barunai, Panjehang, Gaung Baru, Mungku Baru, Petuk Bukit, Dan Bukit Sua, Tumbang Rungan, Pahandut Seberang, Kelurahan Kameloh Baru, Danau Tundai Bereng Bengkel, Kelurahan Kanarakan, Marang, Sei Gohong Dan Habaring Hurung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00