Pelayanan Publik di DPMPTSP Kalteng dan Samsat Jadi Sampel Penilaian Pusat

KBRN, Palangka Raya: Tim Kedeputian Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melakukan penilaian terhadap layanan yang diberikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. 

Selama dua tahun terakhir penilaian dilakukan terhadap Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalteng dan UPT Samsat. 

Penilaian dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. 

Hasil evaluasi tahun 2020 dari Tim Kemenpan RB, DPMPTSP Kalteng mendapat nilai 3,14 atau masuk kategori baik dengan catatan. Sementara Bapenda Kalteng UPT (Samsat) mendapat nilai 2,09 atau masuk kategori cukup dengan catatan. 

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, Diah Natalisa, usai melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan ada enam aspek yang dinilai. 

“Kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, inovasi SIPP (sistem informasi pelayanan publik), indikator-indikator itu diturunkan menjadi sub indikator sebanyak 37 dan instrumen itu ditanyakan kepada 3 pihak bukan hanya 1 tapi 3. Pihak-pihak itu adalah dari penyelenggara sendiri self evaluation daripada Samsat dan DPMPTSP. Kemudian yang kedua adalah evaluator dalam hal ini untuk provinsi Kemenpan-RB. Dan yang ketiga dari penerima layanan. Ketiga ini perlu kita sinkronkan semua penilaian menggunakan sistem online,” ujarnya, Selasa (19/10/2021). 

Menurutnya, penilaian menggunakan sistem online bisa jadi berbeda dengan penilaian secara langsung. Namun yang terpenting, lanjut Deputi Pelayanan Publik, tujuan dilakukan penilaian ini adalah untuk kolaborasi dan membantu pemerintah daerah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, menyatakan menyambut baik dukungan dari Kemenpan-RB untuk peningkatan pelayanan publik di Kalteng. 

“Saya kira ya memang ini masukan yang sangat baik sekali. Ibu deputi datang memberikan motivasi dan data-data yang perlu kita sinkronkan. Kemudian spirit buat Pemprov Kalteng karena 2015 kita pernah melakukan inovasi sangat baik. Pelayanan masa akan datang dari semua stakeholder semoga bisa kita wujudkan sesuai harapan,” ujarnya. 

Menurut Wagub Edy Pratowo langkah-langkah konkret akan ditempuh untuk memenuhi harapan peningkatan pelayanan bagi masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00