Dukcapil Palangka Raya Lakukan Jemput Bola Pembuatan Dokumen Kependudukan Di Jalan Mendawai

KBRN, Palangka Raya : Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Palangka Raya melakukan jemput bola membantu masyarakat menyelesaikan masalah data kependudukan meliputi perekaman E Ktp, Pembuatan Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak dan Perubahan Data, berlokasi di perumahan padat jalam mendawai ujung.

Salah satu warga sekaligus pengurus RT Jalan Mendawai Muhammad Syamsul mengapresiasi strategi yang dilakukan Dukcapil Palangka Raya, karena lebih efektif, membantu masyarakat yangs sedang mengalami kesulitan perihal mendapatkan dokumen kependudukan, dikarenakan antrian di kantor Dukcapil dibatasi waktu seiring wabah covid 19.

“Selama ini warga seringkali kehabisan nomor antrian saat datang ke kantor Dukcapil, dengan upaya jemput bola ini, warga di jalan Mendawai bisa langsung menanyakan keluhan yang dialami perihal data kependudukan,” Kata Syamsul kepada RRI. Selasa (19/10/21)

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Palangka Raya Drs. Ardewi Suryadi, M.Si mengatakan, program jemput bola atau jebol sudah kerap kali dilakukan, tujuannya menjangkau masyarakat di pinggiran yang kesulitan akses mendapatkan pelayanan data kependudukan, sekaligus untuk mewujudkan misi Walikota Palangka Raya terhadap peningkatan pelayanan publik.

"Terkait adanya keluhan warga sebagai pelamar CPNS dan PPPK yang mengalami kendala tidak konek nomor NIKnya, pihaknya mempersilahkan warga untuk secepatnya mengurus di kantor Dukcapil, dalam hitungan jam sudah bisa diatasi dengan cepat," Kata Ardewi

Ardewi menduga, ketidaksingkronan data seperti nomor NIK eror biasanya diakibatkan, adanya ketidak telitian dari pemohon pada saat pengisian data pembuatan Kartu Keluarga, sehingga menghambat saat melamar CPNS, datanya tidak terekam di data base Dirjen Dukcapil pusat. Untuk itu, bila ada kasus semacam ini, secepatnya warga melaporkan ke petugas terdekat seperti di kantor PTSP, saat jemput bola atau langsung mendatangi kantor dukcapil jalan ir. sukarno, akan proses dengan cepat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00