Belasan Kelurahan Di Palangka Raya Keluar Dari Zona Merah Covid 19

KBRN, Palangka Raya : Perlahan tapi pasti status level di Kota Palangka Raya turun ke level 2 dari level 3, setelah terjadi penurunan kasus pasien terpapar covid 19 dan partisipasi tinggi dari masyarakat untuk mau divaksin.

Ketua Harian Penanganan Covid 19 Emy Abryani mengatakan, wilayah yang masuk zona merah di kota Palangkaraya saat ini tinggal 2 Kecamatan. Adapun 2 Kecamatan tersebut adalah Jekan Raya serta Kecamatan Pahandut, sisanya zona orange, sedangkan, wilayah yang masuk dalam zona hijau yakni di Kecamatan Rakumpit dan Kecamatan Sebangau.

Kendati demikian, pihaknya menghimbau kepada masyarakat tidak lengah, melainkan tetap waspada terhadap paparan Covid-19 dan tetap berperilaku hidup sehat dengan patuh menerapkan 5 M, yang tak kalah paling penting, seluruh masyarakat tetap bekerjasama dalam upaya memutus mata rantai Covid-19 di kota ini.

"Mengenai penurunan level sesuai Instruksi dari Kemendagri, berlaku mulai 19 Oktober sampai 8 November 2021. Dalam instruksi tersebut Kota Palangka Raya sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Tengah, ditetapkan menjadi wilayah yang menerapkan PPKM Level 2," Kata Emy (19/4/21)

Di tempat terpisah, Walikota Palangka Raya Fairid Nafarin menyambut baik adanya penurunan level, pertanda bahwa wabah covid 19 akan berakhir. Untuk penetapan PPKM kata Fairid, ditentukan pemerintah pusat, wewenang pemerintah daerah hanya menindak lanjuti berupa penyesuaian regulasi sesuai kondisi warga. Untuk wilayah Kalteng PPKM Level 2 juga berlaku di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Pulang Pisau.

'Guna mengakhiri pandemi covid 19, perlu adanya kerjasama dari masyarakat, keselarasan antara protokol kesehatan, pola hidup sehat dan vaksinasi, semua itu merupakan kunci untuk mengakhiri Covid-19. Saat ini, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan," Kata Fairid

Berdasarkan data, jumlah masyarakat yang sudah tervaksin telah mencapai 70 persen pada dosis pertama, sehingga kekebalan masyarakat terhadap penularan virus corona sudah sangat bagus. Adapun kelurahan di Palangka Raya yang ditetapkan zona kuning meliputi Kelurahan Kalampangan, Sabaru, Kelurahan Tangkiling, Banturung, Tumbang Tahai, Kelurahan Petuk Katimpun, Sedangkan Untuk Kelurahan Yang Ditetapkan Zona Hijau Di Palangka Raya Meliputi Kelurahan Pager, Petuk Barunai, Panjehang, Gaung Baru, Mungku Baru, Petuk Bukit, Dan Bukit Sua, Kelurahan Tumbang Rungan, Pahandut Seberang, Kelurahan Kameloh Baru, Danau Tundai Bereng Bengkel, Kelurahan Kanarakan, Marang, Sei Gohong Dan Habaring Hurung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00