SMA Negeri 10 Palangka Raya Laksanakan JOTA JOTI 2021

KBRN, Palangka Raya : Gugus Depan 02.417-418 Hanjalutung, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Palangka Raya, menggelar Jamboree On The Air (JOTA) dan Jamboree On The Internet (JOTI) secara mandiri.

JOTA dan JOTI adalah kegiatan tahunan tingkat dunia, yang diselenggarakan setiap tahunnya di akhir pekan minggu ke-3 bulan Oktober untuk menghubungkan Pramuka/Pandu dari seluruh penjuru dunia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wahana belajar bagi para siswa di SMA Negeri 10 Palangka Raya, agar lebih menggali potensi dirinya termasuk dalam bidang teknologi,” kata Kepala SMA Negeri 10 Palangka Raya, Kaprawi, di Palangka Raya, Minggu (17/10/2021).

Ia menjelaskan, selain sebagai wadah belajar siswa terhadap penggunaan teknologi komunikasi dengan menggunakan perangkat internet dan radio amatir, kegiatan JOTA dan JOTI 2021 juga menjadi pengalaman baru siswa, untuk dapat saling berkomunikasi dengan anggota pramuka/pandu dari seluruh dunia.

Selain itu, JOTA dan JOTI juga dapat menjadi bekal khusus, seperti adaptasi penggunaan teknologi, cara komunikasi universal, dan bagaimana komunikasi dengan bahasa yang dipahami dengan seluruh dunia.

“Intinya dalam kegiatan ini kita jangan takut untuk mencoba dan belajar. Kita bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan sesama saudara-saudara kita yang ada di Indonesia ataupun luar Indonesia,” ujar Kaprawi.

Sementara itu, Pembina Harian Gugus Depan 02.417-418 Hanjalutung, Rahmadi mengatakan, pelaksanaan kegiatan JOTA dan JOTI ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Para siswa yang hadir kami batasi. Sebagian ada yang mengikuti secara luring, ada juga yang daring. Yang hadir luring kami tekankan untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak selama kegiatan,” katanya.

Rahmadi berharap, pelaksanaan kegiatan pertemuan pramuka skala dunia tersebut dapat menjadi motivasi bagi para siswa untuk terus belajar, guna meningkatkan kemampuan dan potensi yang terpendam dalam dirinya. (NT/MEDIA CENTRE PALANGKARAYA) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00