Hasil Panen Food Estate Mulai Dipasarkan

KBRN, Palangka Raya : Sekitar 96 persen luas tanam lahan food estate telah dipanen. Hasil padi yang telah dipanen tersebut, sudah dijual dalam bentuk kemasan dengan merk Beras Kapuas. Sejak ditetapkan sebagai wilayah lumbung pangan nasional, Pemerintah Kapuas telah mempersiapkan sekitar 20 ribu hektare untuk food estate yang tersebar di 11 kecamatan. 

Menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kapuas, Edi L Dese, realisasi tanam mencapai 19 ribu hektare atau 97 persen dengan realisasi panen sekitar 96 persen. Dengan rata-rata produktivitas 3,7 ton padi per hektare.

"Pemasaran hasil dari program food estate ini sebagian masih dikelola oleh swadaya masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal maupun luar daerah," ujarnya. 

Kedepan Dinas Pertanian Kapuas mengharapkan, hasil dari food estate ini akan dikelola oleh badan usaha korporasi petani, dimana untuk mewujudkan hal itu, pihak dinas akan membantu dalam hal pemasaran, dengan memberikan kemasan beras lima kilogram kepada para petani agar beras yang dijual nantinya, sudah bermerk Beras Kapuas.

"Sudah ada dua kecamatan yang dibantu pemasaran hasil panen oleh Dinas Pertanian Kapuas yakni Bataguh dan Kapuas Kuala," ungkapnya.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00