Jelang Tutup Tahun 2021, Gubernur Blusukan Keliling Kalteng

KBRN, Palangka Raya: Dalam rangka 100 hari jelang tutup tahun 2021, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, blusukan ke beberapa kabupaten yakni Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan Sukamara. 

Dalam kunjungan kerjanya, Gubernur Sugianto Sabran memastikan pencapaian target vaksinasi di setiap kabupaten, terutama bagi masyarakat di usia muda dan produktif. 

Hal ini dilakukan Gubernur Sugianto Sabran agar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) segera dapat dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota. 

Selain itu, Gubernur Sugianto Sabran juga memastikan pembangunan infrastruktur tetap terus dilakukan sehingga kuantitas dan kualitas infrastruktur khususnya jalan di setiap kabupaten/kota dapat terus ditingkatkan, utamanya penyediaan jalan agar aksesibilitas di wilayah Kalimantan Tengah dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.                

"Dengan adanya aksesibilitas yang baik di wilayah Kalimantan Tengah, mobilitas masyarakat menjadi tidak terhambat, kegiatan ekonomi dan bisnis juga dapat dilakukan dengan efisien sehingga akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat akibat peningkatan PAD yang signifikan. Menjadi harapan kita bersama, pemerataan pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi dapat bertumbuh pesat," kata Gubernur seperti dikutip dari rilis tertulis yang diterima RRI, Selasa (28/9/2021).

Selama pandemi Covid-19 hampir seluruh aspek kehidupan terdampak akibat adanya pandemi yang hingga saat ini belum kunjung usai.

Namun dengan semangat Isen Mulang (pantang mundur) Gubernur Sugianto Sabran mengajak seluruh elemen masyarakat di Kalimantan tengah untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

Menurutnya, kebijakan Presiden RI, Joko Widodo, dalam hal Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) harus disosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat dan dimaksimalkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat utamanya bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Potensi alam di Kalimantan Tengah sangat luar biasa, setiap bupati dan wali kota diinstruksikan untuk lebih peka terhadap potensi wilayah masing-masing untuk dimaksimalkan sehingga dapat berdaya guna bagi masyarakat setempat. 

“Kalimantan Tengah ini sangat kaya, tetapi kita mau atau tidak untuk mengelola dan menggali potensinya. Kalau sudah dikelola kemudian mau tidaknya kita memeliharanya untuk kelangsungan di masa yang akan datang,” ulas Gubernur Sugianto ketika melakukan peninjauan di Kabupaten Sukamara (28/9/2021). 

Gubernur juga menginstruksikan, khusus untuk wilayah yang memiliki potensi wisata agar dapat lebih diperhatikan oleh setiap bupati/ wali Kota di Provinsi Kalimantan Tengah. Diharapkannya, pandemi Covid-19 tidak dijadikan sebagai alasan untuk tidak mau berbuat demi kemajuan Kalimantan Tengah.

Perhatian khusus Gubernur Sugianto Sabran dalam pengembangan sektor wisata di Kalimantan Tengah diharapkan juga dapat berdampak pada sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu penyokong pariwisata. 

Gubernur juga menghimbau agar sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif dapat menjangkau stimulus ekonomi yang telah disediakan pemerintah, agar percepatan pemulihan ekonomi dapat dilakukan di Kalimantan Tengah. 

“Para Pelaku UMKM dan Ekraf jangan ragu untuk mengakses perbankan dan fasilitas yang telah disediakan pemerintah, saya minta Himbara dan Bank Kalteng untuk lebih aktif menggali potensi daerah yang bisa dimaksimalkan dengan berkoordinasi dengan bupati / wali kota di Kalimantan Tengah,” tegas Gubernur usai melakukan peninjauan. (Sumber: rilis)                    

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00