Selipkan Cerita Menarik Agar Siswa Paham Koleksi Museum

KBRN, Palangka Raya : Pemandu museum, Rudi Waluyo mengatakan, dirinya memperkenalkan benda-benda bersejarah di Museum Balanga kepada para siswa berbeda dengan masyarakat umum. 

Kepada para pelajar dan mahasiswa, Rudi Waluyo memberikan edukasi, sehingga mampu menerima penjelasan dengan menggunakan metode penyampaian yang santai. 

"Tujuannya agar siswa tidak bosan saat melihat benda-benda koleksi. Kalau menurut mereka benda-benda itu tidak enak dipandang, kita mensiasati dengan menyelipkan cerita-cerita yang menarik,"  ujarnya. 

Rudi Waluyo juga menekankan kepada siswa jika masuk ke museum, jangan terlebih dahulu memikirkan koleksi yang ada di dalamnya, namun anggap saja masuk ke dalam sebuah mall. 

"Di dalam mall itu banyak hal menarik yang bisa kita lihat. Begitu juga mikirnya di museum banyak hal menarik. Akhirnya, mereka bisa menerima apa yang saya sampaikan tersebut. Jadi itu merupakan salah satu tantangan bagi saya," ungkapnya. 

Pemandu Wisata Rudi Waluyo ini merupakan salah satu panitia dalam kegiatan Belajar Bersama di Museum untuk SMA/Madrasah Aliyah, bertugas memperkenalkan serta menjelaskan benda-benda koleksi museum ketika para siswa berada di dalam ruang pameran setelah menerima materi dari para pemateri. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00