Waspadai Bencana di Balik Cuaca Ekstrim di Kalteng

KBRN, Palangka Raya :  Perubahan cuaca yang cukup ekstrim di Kalimantan Tengah perlu diwaspadai akan munculnya sejumlah potensi kerawanan bencana. Bencana yang mungkin akan timbul dan sudah terjadi adalah banjir akibat meluapnya Daerah Aliran sungai, (DAS) dan juga potensi kebakaran hutan dan lahan.

Kepada RRI, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kalimantan Tengah, Anton Budiyono, Jumat (24/09/2021)  menyebut, potensi cuaca bencana yang mungkin timbul secara garis besar ada dua bencana yakni, pengaruh hujan yang tinggi dan curah hujan yang cukup kering.  kemarau yang cukup kering seperti curah hujan tinggi terutama di wailayah hulu, terjadi bebrapa hari potensi banjir dan meluapnya DAS bisa terjadi dan  berpengaruh ke hilir.

Sementara potensi kedua adalah  kebakaran hutan dan lahan yang  terfokus dengan kondisi musim kemarau.

“Ada sejumlah kriteria seperti La nina dan La Nino kondisi musim yang bisa menyelamatkan karhutla dan factor cuaca Jika tidak terjadi fenomena la nina di musim kemarau biasanya ditemui sejumlah titik api  bersifat  kering dan kondis normal la nina”, terangnya. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00