Wagub Hadiri Peringatan Hari Jadi ke-62 Tahun Barsel

KBRN, Palangka Raya: Momentum Peringatan Hari Jadi ke-62 Kabupaten Barito Selatan diharapkan lebih memperkuat semangat persatuan dan rasa kebersamaan untuk mendorong pembangunan agar semakin maju, mandiri, dan berdaya saing, dalam rangka mewujudkan Kalteng Makin Berkah.

Demikian disampaikan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Gubernur Edy Pratowo saat menghadiri Peringatan Hari Jadi ke-62 Kabupaten Barito Selatan secara virtual, Selasa (21/9/2021).

Wagub dalam mengawali sambutannya mengucapkan selamat Hari Jadi ke-62 Kabupaten Barito Selatan.

“Dengan bertambahnya usia, semoga Kabupaten Barito Selatan mampu terus meningkatkan daya saing, profesionalisme, kualitas pelayanan publik, dan juga pembangunan, demi mewujudkan masyarakat yang semakin maju dan sejahtera,” kata Wagub saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Pada kesempatan tersebut, Wagub juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Barito Selatan beserta seluruh jajaran atas sejumlah prestasi dan capaian pembangunannya.

"Keberhasilan memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama 4 tahun berturut-turut harus tetap terus dipertahankan. Raihan ini tentu menunjukkan komitmen kuat dari Pemerintah Kabupaten Barito Selatan untuk mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel," lanjutnya.

Berdasarkan data BPS, beberapa indikator makro pembangunan Kabupaten Barito Selatan pada 2020 memperlihatkan capaian cukup baik, antara lain prosentase kemiskinan sebesar 4,45 persen, Tingkat Ketimpangan Pendapatan (Gini Ratio) di angka 0,313, Tingkat Pengangguran Terbuka berada pada angka 4,21, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 70,22, dan Indeks Pemberdayaan Gender sebesar 86,05. 

Beberapa capaian pembangunan yang sudah baik tersebut, tutur Wagub, supaya bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. 

Selain itu, Wagub mengharapkan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan  terus melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap berbagai kekurangan atau pun permasalahan yang masih dihadapi, sehingga bisa memacu percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Barito Selatan.

Wagub Edy Pratowo juga menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada para Bupati dan Wakil Bupati periode sebelumnya, tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, insan pers, dan semua elemen masyarakat yang telah berperan serta dalam membangun Kabupaten Barito Selatan agar makin sejahtera.

Peringatan Hari Jadi ke-62 Kabupaten Barito Selatan dihadiri bupati/wali kota secara virtual dari tempat masing-masing. (Sumber: MMC Kalteng)  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00