Dewan Palangka Raya : Pemenuhan Gizi Anak , Harus Diperhatikan Ortu

KBRN, Palangka Raya : Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Anna Agustina Elsye mengatakan, pemenuhan gizi bagi anak harus menjadi perhatian utama para orangtua. Karenanya para orangtua harus memiliki kesadaran akan pentingnya hal tersebut.

“Harus disadari, permasalahan gizi di Indonesia saat ini kerap menjadi pemicu banyaknya kasus stunting pada anak,” ungkapnya, Senin (20/9/2021).

Maka dari itu lanjut Anna, ia mengimbau masyarakat khususnya para orangtua, agar dapat memperbaiki pola makan, pola asuh anak serta sanitasi di lingkungannya masing-masing.

Bila hal itu bisa dilakukan, maka diyakini upaya pencegahan stunting terhadap tumbuh kembang si anak dapat dilakukan. “Ingat, stunting saat ini menjadi salah satu faktor yang mengancam capaian kualias Sumber Daya Manusia (SDM),”tukasnya.

Untuk mencegah stunting sambung dia, maka dimulai dari lingkungan rumah tangga, dimana peran orangtua untuk membudayakan pola hidup sehat.

Memang diakuinya, sebagian masyarakat masih belum mengenal istilah stunting. Dimana anak yang mengalami stunting akan mempengaruhi kemampuan kreativitasnya, hingga tumbuh kembangnya. Selain itu, anak tersebut akan mudah sakit kemampuan kognitif dibawah rata-rata kecerdasan anak seusianya.

“Kuncinya peran orangtua untuk memperbaiki pola makan. Seorang anak mengalami stunting dikarenakan kurangnya asupan gizi kronis dalam waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Sebab itulah imbuh Anna, ia mengajak para orangtua untuk mencegahnya stunting sedini mungkin. Diantaranya menjaga pola asuh anak dengan baik dan benar, disertai dengan menjaga kebersihan sanitasi lingkungan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00