Antigen Untuk Kru Pesawat, Lindungi Penerbangan

KBRN, Palangka Raya : Persyaratan dokumen dan adminsitrasi berupa surat rapid test dan antigen tampaknya tidak hanya berlaku bagi penumpang pesawat saja. Mengingat salah satu  moda transportasi yang cukup berpotensi menyebarkan wabah covid 19 adalah angkutan pesawat. Maka, para pilot, kru dan awak penerbangan termasuk pramugari pramugara hingga teknisi operator juga wajib melakukan rapid test atau antigen.

Kepada RRI, Asisten Manager Airport Security Angkasa Pura Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Tanta Maulana Jumat (18/06/2021)  juga mengungkap sebenarnya dokumen tersebut wajib guna mengamankan penerbangan beserta penumpangnya dari penyebaran wabah covid 19. Selain juga pastinya adalah mengamankan awak penumpang yang aktivitasnya cukup padat dan mobilitasnya tinggi.

“Rapid test bagi awak pesawat biasanya hanya berlaku dua hari saja. Setelah itu mereka harus melakukan test yang sama jika mendapatkan ijin dan kewenangan terbang kembali”, jelasnya.

Memang wajar adanya, awak dan kru pesawat wajib mengantongi rapid test guna memberi jaminan keamanan dan kesehatan bagi sebuah penerbangan. Diharapkan memang, penyebaran covid 19 bisa dibatasi di area dan lingkup penerbangan dimana terjadi hilir mudik manusia yang tak bisa dikendalikan. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00