Penggunaan Aspel Karet Tingkatkan Perekonomian Petani

KBRN, Palangka Raya : Rencana pemanfaatan aspal karet untuk penguatan jalan di wilayah kabupaten terus dilakukan. Terutama daerah yang mobilisasi angkutannya tinggi seperti Kotawaringin Barat (Kobar). 

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kobar, Juni Gultom, secara rasional, penggunaan aspal karet di beberapa daerah dan negara, terbukti bisa bertahan dalam waktu sangat lama. Sehingga cocok juga diterapkan di Kobar. 

Dijelaskannya, sesuai instruksi dari presiden dan menteri dalam negeri, bahwa setiap daerah bisa mengembangkan penggunaan teknologi aspal karet tersebut. 

Meski demikian, saat ini pihaknya masih melakukan kajian terkait beberapa kemungkinan, bekerjasama dengan peneliti aspal karet di Bogor yang memang memproduksi latex. 

"Tentunya masih karet dari seluruh Indonesia. Sudah mulai bekerjasama dengan Bogor sebagai daerah penyedia latex," ujarnya, Kamis (17/6/21). 

Juni Gultom berharap, apabila terwujud, bisa menggunakan karet masyarakat lokal. Dengan demikian dalam penerapan inovasi aspal karet, terdapat hubungan antara kontruksi dengan pertanian.

"Kombinasi, ada sinergi antara dunia infrastruktur dengan pertanian kita," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00