Masa Persidangan Kedua DPRD Kalteng Diharapkan Sesuai Tahapan

KBRN, Palangka Raya : Menutup masa persidangan pertama dan membuka masa persidangan kedua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kalimantan Tengah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berharap tahapan pembahasan raperda yang selama ini belum ditetapkan dapat dilanjutkan dan dirampungkan sesuai dengan materi persidangan yang telah dijadwalkan.

Hal ini diungkapkan Gubernur Kalimantan Tengah melalui Wakil Gubernur Kalteng, Habib Said Ismail Bin Yahya , Senin (17/05/2021) dalam pidato mengakhiri masa persidangan pertama anggota dewan tahun 2021. Disebutkan hingga kini, kalangan dewan telah berhasil merumuskan dan menyepakati empat buah raperda tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di Provinsi Kalteng. Selain juga perda pencabutan  peraturan daerah Provinsi Kalteng soal  pengelolaan asrama mahasiswa milik pemerintah provinsi kalteng, Perda soal pengelolaan barang milik daerah, Perda penambahan penyertaan modal pemerintah Provinsi Kalteng dan pembangunan kalteng. Serta yang sudah selesai dibahas adalah  rencana umum energy daerah. Pada tahun sidang 2021 telah dibahas enam buah raperda yang dilanjutkan penambahananya terjadwal. Yang mana pada masa persidangan kedua terdiri dari dua buah raperda inisiatif dewan , yaitu raperda tentang penanggulangan bencana dan raperda pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat  dayak di kalteng. Selain juga  4 buah raperda meliputi raperda tentang penyelenggaraan administarsi kependudukan, tuntutan dan kerugian daerah , raperda pengelolaan daerah aliran sungai dan perda cagar budaya .

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berharap tahapan pembahasan raperda yang selama ini belum ditetapkan dapat dilanjutkan dan dirampungkan sesuai dengan materi persidangan yang telah dijadwalkan”, jelasnya.

Rapat Paripurna yang biasanya digelar di Lantai Tiga Gedung Dewan kali ini berlangsung berbeda. Pasalnya ini kali pertama dewan dan Kalangan eksekutif melangsungkan sidang secara virual. Dimana separuh anggota dewan hadir langsung di ruang sidang dan separuhnya lagi mengikuti melalui aplikasi meeting room. sidang ini berjalan lancar dan masih dalam nuansa Hari Raya Idul fitri yang kental dengan suasana silaturahmi. (NATA).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00