Pembangunan Jalan Layang Bukit Rawi dari Pembiayaan Syariah

KBRN, Palangka Raya : Proyek pengerjaan pile slab atau jalan layang di wilayah Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau hingga kini terus berjalan. 

Tahun 2021, proyek tersebut kembali dilanjutkan dengan target sepanjang 2.284 meter menggunakan sistem kontrak tahun jamak atau Multy Years Contract (MYC) tahun 2020-2022 melalui skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan nilai Rp161 miliar lebih. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Tengah (Kalteng), Shalahuddin mengatakan, progres jalan layang sepanjang 3,1 kilometer itu sebesar 36 persen realisasi dengan demikian terdapat devisiasi plus sebesar 12 persen. Pengerjaan tiang pancang dari arah Bukit Rawi maupun Palangka Raya agar segera mungkin bisa disambungkan.

"Pembangunan dengan pile slab agar bisa bebas banjir. Kemudian untuk pekerjaan jembatan layangnya dengan bentang 2 kilometer lebih. Kalau pembebasan lahannya dibantu dari provinsi," ungkapnya, Minggu (16/05/2022). 

Keberadaan ruas jalan tersebut sangat staregis, karena menghubungkan ibu kota provinsi dengan semua Kabupaten di wilayah Barito dan Pulang Pisau, Kapuas dan Gunung Mas. Lalulintas masyarakat terhambat ketika musim hujan dikarenakan jalan banjir akibat luapan Sungai Kahayan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00