Disdukcapil Padang Serahkan 1.552 Keping KIA ke Kecamatan Padang Selatan

KBRN, Padang : Camat Padang Selatan yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Israq Anhar menerima 1.552 keping Kartu Idenitas Anak (KIA) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang.

Kepala Disdukcapil Kota Padang Teddy Antonius menegaskan, KIA merupakan hak setiap anak sebagai warga negara Indonesia yang tercatat dalam administrasi kependudukan (adminduk), sekaligus menjadi identitas layaknya kartu pelajar ataupun KTP.

"Anak yang sudah memiliki Akte kelahiran akan mendapat KIA, untuk anak usia di bawah 5 tahun KIA nya tanpa foto, untuk anak usia di atas 5 tahun hingga 17 tahun kurang satu hari akan mendapat KIA dengan foto," ujarnya, Kamis (26/5/2022) dikutip dari infopublik.id

Menurut Teddy, KIA tersebut dapat digunakan sebagai identitas kependudukan, termasuk untuk membuat rekening tabungan. Kedepannya Disdukcapil akan mengupayakan para pemegang KIA mendapatkan fasilitas ataupun kemudahan akses di tempat-tempat wisata maupun pusat perbelanjaan yang berhubungan dengan anak-anak.

"Kita akan mencoba berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk memberikan potongan harga tiket masuk ke objek-objek wisata bagi pemegang KIA, begitupun dengan toko buku, atau pusat penjualan kebutuhan bayi dan anak mungkin juga bisa kita ajak ikut berpartisipasi,"ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Padang Selatan Israq Anhar mengatakan akan segera mendistribusikan KIA tersebut ke 12 kelurahan, agar dapat dibagikan kepada warga yang namanya tertera di KIA tersebut.

"Nantinya kita melalui kelurahan juga akan mengupayakan seluruh anak di Kecamatan Padang Selatan memiliki KIA, sehingga akan memudahkan kita dalam memetakan jumlah dan usia anak di setiap kelurahan, agar progam pembangunan yang berorientasi pada anak lebih tepat sasaran," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar