Luncurkan Pilwanag Serentak Badunsanak

KBRN, Padang : Pesta demokrasi tingkat nagari akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021 mendatang. Berbagai tahapan untuk menghelat pesta demokrasi Pemilihan Walinagari (Pilwanag) tersebut sudah dilakukan.

"Kegiatan ini akan diikuti 21 nagari dari 75 nagari di kabupaten Tanah Datar," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra saat rapat koordinasi dan launching pemilihan wali nagari serentak tahun 2021 di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar, Rabu (1/12/2021).

Eka Putra mengatakan, pelaksanakan pilwanag sudah beberapa kali tertunda karena situasi pandemi Covid-19. Tahapan pemilihan wali nagari serentak yang telah di mulai pada tahun 2020, tahapan terhenti pada tahapan penetapan bakal calon wali nagari  sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 141/2577 tanggal 24 Maret 2020 perihal saran penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak dan pemilihan kepala desa antar waktu.

“Penundaan Pilwanag menyebabkan bertambah panjangnya masa tugas penjabat wali nagari, sehingga ada yang harus diganti penjabatnya akibat penjabat wali nagari lama telah memasuki masa pensiun atau mutasi jabatan di pemerintahan daerah,” kata Bupati.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Tanah Datar  AKBP Rokhmad Hari Purnomo, bertekad mewujudkan pilwanag serentak 16 Desember 2021 mendatang dengan taat aturan, konsisten, sportif dan badunsanak.

"Mari sukseskan pilwanag nanti, khusus panitia jangan sampai ada yang memihak kepada salah satu calon dan jalankan prokes covid 19 dengan harapan jangan sampai terjadi penyebaran covid 19,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar