Segera Usulkan Pengganti Sekda Padang ke Kemendagri

KBRN, Padang : Dengan telah dinonaktifkannya Amasrul dari jabatan Sekda Kota Padang, Wali Kota Padang harus segera mengusulkan penggantinya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal ini dilakukan agar kekosongan jabatan Sekda tidak telalu lama terjadinya.

"Ya mau bagaimana lagi kalau sudah keputusannya begitu. Sekarang segera usulkan penggantinya ke Kemendagri agar diproses," kata Anggota Komisi I bidang Pemerintahan DPRD Padang, Budi Syahrial, Rabu (4/8/2021).

Menurut Budi, pengganti Sekda dinilai harus segera dilakukan Wali Kota Padang dalam waktu dekat. Sebab sekda merupakan jabatan paling sentral dalam pemerintahan kota, karena banyaknya tupoksi yang harus dikerjakan, sehingga tidak boleh terlalu lama kosong.

"Kekosongan akan sangat berdampak pada terganggunya roda pemerintahan," ujarnya.

Ia menyayangkan terjadinya perseteruan antara wali kota dan sekda dalam hal mutasi pejabat yang akan dilakukan. Namun secara politis, seharusnya sekda juga tidak boleh melakukan penentangan kepada wali kota yang merupakan pimpinannya.

"Penolakan penandatanganan mutasi yang dilakukan sekda, tentu akan dianggap perlawanan oleh wali kota. Dengan kondisi itu siapapun yang akan menjadi wali kota, pasti akan mengganti bawahan yang tidak loyal," katanya.

Budi Syahrial berharap agar polemik ini dapat segera dituntaskan. Sebab masih banyak program dan kegiatan yang harus dikerjakan wali kota Padang maupun pengisi jabatan sekda nantinya. Misalnya saja dalam waktu dekat harus menyelesaikan APBD perubahan 2021, dan permasalahan pandemi Covid-19 yang masih tinggi di Kota Padang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00