Tidak Mengenal Kata Libur

KBRN, Padang : Untuk layanan yang optimal, petugas lapas dan rutan idealnya tidak mengenal kata libur. Sebagai insan pemasyarakatan, banyak kebutuhan yang harus diprioritaskan, tidak saja menyangkut kebutuhan makan dan minum warga binaan, namun juga terkait pembekalan karakter diri.

Kepada RRI, Jumat, (27/5/2022),  Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sumatera Barat, R. Andika Dwi Prasetya menuturkan, pengabdian tanpa batas yang ditunjukkan petugas pemasyarakatan  menjadi cerminan untuk negara selalu melakukan pembenahan di berbagai aspek kehidupan.

" Menjalankan konsep pemasyarakatan dengan sebaiknya sehingga diharapkan lembaga terkait dapat mencetak insan yang berkepribadian, terlepas dari pelanggaran atau kesalahan yang telah diperbuat sebelumnya," ungkapnya/

R. Andika dwi Prasetya menjelaskan, pembinaan dilakukan secara berkelanjutan untuk menjadikan mereka menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya.  Idealnya, negara tidkabisa lepas tangan atas kejadian atau peristiwa pelanggaran hukum yang diperbuat  warga binaan sebnelumnya. Kewajiban melakukan tugas pembinaan disandangkan kepada lapas dan rutan yang dalam menjalankan program-programnya harus berkontribusi pada langkah pembinaan yang diterapkan.

Sampai saat ini kometmen  itu masih tetap dipegang  dan diharapkan  usai menjalankan masa pmebinaan, mantan nrapidana dapat berbaur dengan masyarakatdan memberikan  motivasi untuk yang lainnya tidak salah dalam melangkah dan berbuat hal-hal yang merugikan orang lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar