59 Sapi Positif PMK Di Agam Menuju Sembuh

KBRN, Padang : Sebanyak 59 sapi yang dilaporkan terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Agam, mulai berangsur pulih.

"59 sapi yang positif terjangkit PMK mulai menunjukkan tanda-tanda kesembuhan," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Farid Muslim saat dihubungi RRI di Padang, Selasa (24/5/2022).

Ia mengatakan, berdasar laporan dari petugas di lapangan sudah ada sapi yang sembuh dan menuju kesembuhan pasca terjangkit PMK. Hewan ternak dimaksud kembali memiliki nafsu untuk makan.

"Petugas di lapangan setelah mendapati adanya laporan sapi warga yang positif PMK, langsung memberikan sosialisasi terkait upaya penyembuhan dan memberikan obat serta vitamin.  Setelah dua pekan mengalami sakit, sapi yang positif saat ini mengalami pemulihan untuk menuju kesembuhan," ujarnya.

Menurutnya, hewan ternak yang positif PMK mempunyai peluang sembuh sampai 95 persen, terutama yang telah berusia dewasa diatas dua tahun. Dengan catatan langkah penanganan dan perawatan yang dilakukan tepat.

Farid Muslim mengingatkan, agar masyarakat maupun peternak yang hewan ternaknya mengalami gejala PMK segera mengisolasi ke kandang lain. Kemudian menghubungi petugas atau penyuluh pertanian agar dapat dilakukan pemeriksaan guna memastikan terjangkit PMK. Hal ini merupakan upaya untuk mengantisipasi penularan PMK pada hewan ternak lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar