Terus Bertambah, 14 Sapi Positif PMK Di Kota Padang

KBRN, Padang : Hewan ternak yang positif terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Padang terus bertambah. Hingga sore ini  sudah ada 14 sapi yang terkonfirmasi positif terjangkit PMK.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengungkapkan, terjadi penambahan dua ekor sapi positif PMK, pasca ditemukannya sebanyak 12 ekor sapi positif PMK pada Kamis 19 Mei 2022 lalu.

"Penambahan masih dari tempat yang sama yakni di kandang sapi masyarakat di Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang," katanya saat dikonfirmasi RRI di Padang, Jumat (20/5/2022).

Syahrial mengatakan, awalnya mendapatkan laporan bahwa ada satu ekor sapi yang mengalami gejala PMK. Kemudian pihaknya langsung mengambil sampel untuk dilakukan pemeriksaan dilaboratorium, tidak hanya terhadap hewan yang mengalami gejala PMK. Namun terhadap seluruh sapi yang berada di kandang hewan ternak itu. Kemudian keesokan harinya didapati hasil 12 sapi positif PMK, dan masih ada tersisa beberapa sampel yang belum keluar hasil pemeriksaannya.

"Setelah itu, hari ini kembali keluar hasil pemeriksaan yakni bertambah dua sapi yang positif terjangkit PMK," ujarnya.

Menurut Syahrial, berdasarkan keterangan pemilik kandang, sapi yang positif PMK berasal dari Sumatera Utara. Saat ini sapi yang positif telah diisolasi di kandang terpisah agar tidak menular pada hewan ternak lainnya.

Syahrial mengingatkan agar masyarakat maupun peternak segera melaporkan ke petugas Dinas Pertanian Kota Padang apabila hewan ternak mengalami gejala PMK. Hal tersebut dilakukan agar penyebaran PMK tidak meluas, serta langkah penanganan dapat segera dilaksanakan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar