Mempengaruhi Kelaikan Operasional Pelayaran

KBRN, Padang : Cuaca ekstrim di perairan tidak hanya berpengaruh terhadap kemampuan nelayan mendapatkan hasil tangkapan ikan di laut.  Di lain sisi, perubahan cuaca tersebut juga mempengaruhi operasional pelayaran di perairan yang jika mekanismenya diabaikan berdampak vatal terhadap keselamatan banyak orang, terutama pengguna jasa pelayaran yang berkepentingan pada lingkup tersebut.

Menyikapi fenomena alam tersebut, Dantim Intel Lantamal II, Letkol Laut Anis Munandar  kepada RRI, Rabu, (19/01/2022) menyatakan, pihaknya sejauh ini terus meman tau aktifitas kapal yang melakukan penyeberangan rute antar pulau.  Kapal yang beroperasi harus melewati prosedur dan mekanime laik berlayar dan  hal iutu dibuktikan dan legalitas yang melengkapi pemberangkatan kapal dari dermaga atau pelabuhan kapal laut.

Anis men jelaskan, untuk sekarang ini kewaspadaan harus ditingkatkan dan perubahan cuaca tidka bisa dianggap sepele. Menurutnya pengguna jasa pun harus paham aturan dan kelaikan operasional kapal di samping pemahaman dan edukasi yang digencarkan pihak penyelenggara jasa pelayaran.

Dengan kepatuhan dan ketaatan tersebut, bencana yang disebabkan unsur kelalaian manusia dapat ditekan. Jiwa manusia dapat diselamatkan dan hal itu tentunya membutuhkan pemahaman dan kesadaran dari berbagaoi pihak. Kepada nelayan ia juga meminta untuk tidak melakuan aktifitas yang membahayakan keselamatan jiwa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar