Absen Subuh Bagi ASN Pemprov Sumbar, Ini Penjelasannya

KBRN, Padang: Setiap ASN di lingkungan Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan absen Subuh. Setiap hari, mereka wajib melapor pada pimpinan unit kerja masing-masing di waktu Subuh.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Ahmad Zakri menegaskan, absen Subuh merupakan dorongan agar para ASN tidak terlambat masuk kantor. Sebab ketika gubernur memimpin apel maupun berkunjung ke sejumlah dinas, masih dijumpai ASN yang terlambat.

“Supaya tidak ada lagi pegawai terlambat dengan alasan bangun kesiangan, mereka diminta absen subuh. Kalau subuh sudah bangun, kemudian lanjut ibadah, bisa langsung mempersiapkan diri masuk kantor. Dengan langkah itu, harusnya tidak ada lagi pegawai terlambat,” ucapnya pada RRI, Senin (10/1/2022).

Ahmad Zakri mengungkapkan, kebijakan absen Subuh adalah mewajibkan setiap ASN melapor pada atasan masing-masing usai salat subuh. Semangatnya untuk saling ingat-meningatkan agar tidak terlambat masuk kantor.

“Gubernur memberikan kewenangan pada kepala unit kerja untuk menindaklanjuti ini, sekaligus  benar-benar memantaunya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Mahyeldi pada apel pertama di awal tahun 2022 menyampaikan pada seluruh ASN di lingkungan Pemprov Sumbar untuk menerapkan absen Subuh melalui atasan masing-masing. Hal itu akan diatur melalui edaran yan akan diterbitkan secepatnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar